Monday, June 8, 2015

Obat Tradisional Batuk Dahak Pada Anak

Batuk berdahak yang terjadi pada anak biasanya di sebabkan karena adanya lendir atau muskus pada tenggorokan. Batuk jenis ini biasanya terjadi karena kondisi lingkungan yang kurang bersih atau berdebu. Batuk berdahak  pada anak bisa diobati dengan obat tradisional batuk dahak pada anak.
 
Obat Tradisional Batuk Dahak Pada Anak

Kelembaban suhu yang tidak menentu juga bisa menyebabkan timbulnya batuk. Gejala batuk ini dapat dikenali dengan warna, bentuk dan kekentalan lendir yang dikeluarkan saat batuk, karena perbedaan bentuk lendir yang dikeluarkan merupakan ciri-ciri mikroorganisme penyebab munculnya batuk berdahak.

Batuk berdahak pada anak harus segera diobati. Apabila hal ini terus dibiarkan maka akan menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan semakin parah. Selain itu, dahak yang mengental didalam tenggorokan akan menyumbat saluran pernafasan. Obat batuk berdahak untuk anak yang diberikan tentunya harus yang mampu mengencerkan dahak (expectorant) sehingga dahak bisa dikeluarkan dengan mudah. Selain itu, batuk berdahak juga bisa disebabkan karena infeksi virus bisa diobati dengan antibiotik dan obat anti jamur yang penggunaannya tentu harus sesuai dengan rekomendasi dokter, atau bisa juga dengan obat tradisional batuk dahak pada anak. Menggunakan Obat tradisional batuk bisa menjadi alternatif, selain mudah dan murah tidak menimbulkan efek samping, dan bahan nya pun mudah untuk didapatkan.

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya batuk berdahak pada anak:

Adanya Peradangan
Peradangan yang terjadi pada tenggorokan merupakanmenjadi penyebab batuk berdahak maupun batuk kering, hal ini dikarenakan adanya gangguan pada saluran pernapasan yang membuat tubuh merasa tidak nyaman dan secara reflek berusaha untuk mengeluarkan benda asing tersebut dengan batuk.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas
ISPA adalah salah satu penyebab terjadinya batuk berdahak pada anak, infeksi ini bisa diakibatkan oleh bakteri. Infeksi ini juga bisa diakibatkan karena adanya gejala lain seperti TBC dan sinusitis.dokter akan mengidentifikasi apakah pasien mengalami TBC terlebih dahulu, apabila tidak terbukti baru mencari penyebab lain.

Udara Kotor
Udara kotor bisa berupa polusi kendaraan atau asap rokok. Polusi kendaraan dan asap roko sangat tidak bersahabat bagi saluran pernapasan anak karena bisa memicu iritasi dan peradangan. Usahakan untuk menjaga anak dari polusi udara yang berlebih dan hindarkan dari perokok aktif.

Asam Lambung
Asam lambung atau yang dalam dunia medis disebut Gastroesophageal Reflux Disease juga salah satu penyebab bantuk berdahak pada anak. Hal ini terjadi apabila asam lambung anda tiba-tiba naik hingga mengganggu tenggorokan. Kejadian ini sering membuat anak merasa sangat tidak nyaman dan bahkan terbangun dari tidurnya saat malam hari.

Beberapa resep obat tradisional batuk berdahak antara lain:

1. Jahe
Bahan alami yang dapat digunakan untuk obat tradisional adalah jahe. Ketika sakit batuk berdahak kita perlu menjaga tubuh agar selalu hangat, maka dari itu jahe adalah obat yang cocok. Dengan meminum jahe yang dicampur kencur dapat mengatasi penyakit batuk. Minum jahe minimal satu hari sekali.

2. Jeruk Nipis
Jeruk nipis mempunyai segudang manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satunya adalah penyakit batuk berdahak. Cara penggunaannya yaitu, campurkan jeruk nipis dengan kecap. Kemudian minum ramuan ini saat pagi hari dan sore hari. Resep ini sangat cocok untuk anak-anak.

3. Daun Sirih
Cara penggunaannya, siapkan daun sirih yang sudah direbus lalu campurkan dengan beberapa potongan jahe. Minum ramuan ini satu kali sehari agar tubuh tetap terasa hangat.

4. Kencur

Bahan rempah selanjutnya yang dapat digunakan untuk obat tradisional batuk yaitu kencur. Caranya, kupas dan bersihkan kencur, kemudian di parut dan peras airnya. lalu tambahkan sedikit air dan garam. Setelah itu aduk hingga rata. Minum ramuan ini setelah sarapan dan sebelum tidur.

Selain bahan alami diatas, masih ada bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai obat tradisional batuk berdahak, yakni bunga mawar, belimbing wuluh dan daun asam. 
 
Obat Herbal Batuk Dahak Pada Anak

Itulah informasi kesehatan kali ini tentang Obat Tradisional Batuk Dahak Pada Anak. Terima kasih mudah-mudahan artikel kesehatan ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang membutuhkan informasi ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Obat Tradisional Batuk Dahak Pada Anak

0 comments:

Post a Comment