Friday, May 22, 2015

Penyebab Dan 10 Cara Mengatasi Susah Buah Air Besar Pada Anak

Cara mengatasi susah buah air besar menjadi masalah bagi anak - anak. Kesulitan buang air besar (BAB) bisa terjadi pada siapa saja baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Mungkin sebagian orang tua yang memilik bayi pernah mengalami masalah susah buang air besar yang terjadi pada anaknya. Istilah umum yang dikenal masyarakat adalah sembelit. Bayi dan anak bisa mengalami susah buang air besar bilamana frekuesi buang air besar kurang dari 3 kali selama seminggu, dengan kondisi tinja yang keras sehingga harus mengeden dan bayi atau anak sering menangis kesakitan saat buang air besar (BAB). Biasanya hal ini terjadi pada bayi atau anak yang berusia diatas 1 tahun, hal ini disebabkan.

Apabila terjadi pada bayi yang usianya kurang dari 1 tahun, lebih disebabkan karena kurangnya konsumsi air, banyak mengkonsumsi susu formula, atau orang tua yang memaksakan bayi atau anak untuk mengkonsumsi makanan dengan tekstur padat sebelum waktunya (usia kurang dari 1 tahun). Sembelit merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada saluran pencernaan. Berikut ini beberapa faktor penyebabnya, seperti :

Penyebab Dan 10 Cara mengatasi Susah Buah Air Besar Pada Anak
  • Pola makan yang tidak sehat, yakni kurang mengkonsumsi makanan yang mngandung serat.
  • Kurang mengkonsumsi air minum yang akan menyebabkan saluran pencernaan terganggu.
  • Pemberian susu formula yang kurang tepat (kadar keenceran yang tidak pas).
  • Adanya kelainan saraf pada usus besar bagian bawah, mulai anus hingga usus, sehingga usus tidak mampu bekerja (meremas), yang akan memyebabkan terjadinya penyumbatan kotoran pada usus.
Menghadapi masalah susah buang air besar (BAB) atau sembeti terutama pada bayi dan anak, seringkali membuat resah para orang tua. Namun anda tidak perlu khawatir, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda yang mengalami kesulitan buang air besar (BAB) pada bayi dan anak.  

Berikut 10 Cara mengatasi susah buah air besar pada bayi dan anak:
  1. Cara mengatasi susah buah air besar, jika bayi anda masih mengkonsumsi ASI, usahakan anda sebagai ibunya mengkonsumsi serat yang cukup seperti sayuran dan buah-buahan setiap hari.
  2. Berikan makanan yang mengandung serat yaitu dengan memberikan buah-buahan seperti pepaya, atau jus buah dan berikan sayuran setiap harinya (misalnya sayurannya di buat sup)
  3. Mandikan bayi dengan air hangat agar tubuhnya menjadi rileks sehingga dapat melancarkan buang air besar.
  4. Mengkonsumsi kacang merah (dibuat sup) sebagai sayuran atau bisa dengan mengkonsumsi agar0agar yang mengandung serat.
  5. Jika bayi atau anak anda mengkonsumsi susu formula, coba diencerkan lagi susunya (jumlah airnya lebih banyak di banding susu). Jika hal ini tidak menyelesaikan masalah susah buang air besar pada bayi anda, segera ganti susu formulanya dengan merk lain atau di ganti dengan susu kedelai.
  6. Berikan air minum setiap hari 0,5 sampai 0,8 liter per hari (pemberian minum air minum dilakukan secara bertahap, sedikit demi sedikit), Cara nya yaitu dengan sediakan botol air mineral sesuai ukuran dan usahakan agar bayi ata anak anda menghabiskannya setiap hari. Baca juga tentang Inilah Bahaya Kurang Minum Air Putih Terhadap Kesehatan
  7. Jangan coba-coba memberikan bayi anda obat pencahar tanpa resep dari dokter, karena salah-salah justru akan menimbulkan iritasi pada anus bayi atau anak.
  8. Berikan tepung sagu yang biasanya dikonsumsi masyarakat di Indonesia Timur sebagai bahan makanan. Kandungan serat dalam sagu dapat menjaga mikroflora usus. Penyajian sagu bisa di buat bubur dari tepung sagu yang dimasak, seperti bubur mutiara yag biasa terbuat dari sari pati sagu yang berbentuk bola-bola kecil .
  9. Selain untuk mengatasi susah buang air besar, sagu juga bisa bermanfaat sebagai obat penyakit lain seperti kanker uss, maag, disentri, dan berbagai penyakit lainnya.
  10. Cara mengatasi susah buah air besar yang terakhir, jika tips diatas tidak mebuahkan hasil, segera bawa bayi atau anak anda ke dokter untuk berkonsultasi mengenai masalah sembelit ini. 
Penyebab Dan 10 Cara mengatasi Susah Buah Air Besar Pada Anak

Demikianlah beberapa info tentang Penyebab Dan 10 Cara mengatasi Susah Buah Air Besar Pada Anak. Terimakasih Semoga artikel ini bermanfaat bisa bermanfaat. Baca juga tentang 10 Makanan Peningkat Kecerdasan Otak

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Dan 10 Cara Mengatasi Susah Buah Air Besar Pada Anak

0 comments:

Post a Comment