Friday, May 22, 2015

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara menghilangkan bau mulut merupakan solusi yang tepat. Bau mulut merupakan masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Masalah bau mulut dapat mempengaruhi kepercayaan diri, akibatnya akan timbul rasa minder saat berbincang dengan orang lain. Apabila anda sadar jika mulut anda bau, maka hal itu akan mengganggu lawan bicara anda. Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menghilangkan bau mulut, yuk kita simak beberapa faktor penyebab bau mulut, yaitu:

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

1. Kebiasaan Merokok
Cara menghilangkan bau mulut yang pertama ialah tidak merokok. Semua orang pasti sudah tahu kebiasaan yang satu ini. Selama ini kita mengetahui bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit-penyakit ganas seperti jantung, kanker, gangguan kehamilan dan lain-lain. Namun ternyata rokok juga merupakan faktor penyebab terjadinya bau mulut, kurangi merokok bahkan berhenti merokok sekarang juga.

2. Kurang Menjaga Kebersihan Mulut
Salah satu penyebab bau mulut adalah pola hidup sehat yang kurang, seperti malas menggosok gigi secara teratur, misalnya tidak menggosok gigi dipagi hari, sehabis makan dan malam menjelang tidur, akibatnya kebersihan pada mulut anda tidak terjaga, banyak sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi hingga anda tertidur dan akan membusuk di mulut anda. Sehingga ketika anda bangun, mulut anda akan mengeluarkan bau tidak sedap.

3. Memakan Jengkol atau Petai
Penyebab bau mulut selanjutnya adalah karena memakan jengkol dan petai. Mungkin bagi sebagian orang jengkol atau petai adalah makanan yang wajib dihindari, namun bagi sebagian orang, makanan tesebut merupakan makanan yang lezat walaupun dapat menimbulkan nafas yang tidak sedap.

4. Lupa Sarapan Pagi
Lupa melakukan sarapan pagi ternyata merupakan salah satu penyebab bau mulut. Pada mulut kita terdapat bakteri yang menyebabkan  bau mulut. Bakteri tersebut bisa mati oleh air liur kita sendiri . Pada saat kita lupa sarapan pagi, otomatis perut kita akan dalam keadaan kosong, dan hal tersebut akan menyebabkan produksi air liur berkurang, akibatny mulut kit akan mengeluarkan bau tidak sedap.

5. Gigi Yang Berlubang
Bau mulut juga bisa timbul karena adanya salah satu gigi yang berlubang. Maka dari itu, mulai dari sekarang rajin-rajinnlah membersihkan mulut salah satunya dengan rajin menggosok gigi.

6. Sakit Sariawan
Pasti anda pernah merasakan sakitnya sariawan pada mulut. Biasanya kita akan melihat benjolan kecil yang berisi nanah pada mulut. Benjolan tersebut disebabkan oleh adanya infeksi dan hal tersebut yang menyebabkan bau mulut tak sedap.

Bagaimana cara menghilangkan bau mulut? Berikut beberapa tips yang ampuh untuk menghilangkan bau mulut :
  • Menjaga kesehatan mulut
  • Kurangi makanan yang berbau tidak sedap
  • Stop kebiasaan merokok
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan
  • Berkumur
  • Susu putih kental manis
1. Menjaga Kesehatan Mulut
Tadi saya sudah menjelaskan beberapa hal yang menyebabkan bau mulut, dan hampir semua berkaitan dengan kebersihan mulut. Jadi agar anda bisa terhindar dari bau mulut, sebaiknya anda harus rajin menggosok gigi 2x sehari, jika perlu anda bisa menggosok gigi setiap sehabis makan. Baca juga Tips Yang Ampuh Merawat Gigi Dan Mulut Dengan Benar

2. Kurangi Makanan Yang Berbau Tidak Sedap
Jika anda sebelumnya gemar dengan makanan yang baunya menyengat seperti petai dan jengkol. Mungkin mulai sekarang anda harus menguranginya.

3. Stop Kebiasaan Merokok
Seperti yang telah saya sebutkan diatas, merokok merupakan salah satu faktor penyebab bau mulut. Jadi jika anda ingin terhindar dari bau mulut akibat rokok, mulai sekarang berhentilah merokok.

4. Perbanyak Konumsi Buah-buahan 
Jika Bau mulut anda disebabkna oleh sariawan, maka langkah yang tepat yaitu dengan memperbanyak makan buah-buahan. Salah satu penyebab terjadinya sari awan yaitu kekurangan vitamin C, dan asupan vitamin c bisa kita dapatkan dari buah-buahan.

5. Berkumur
Saat mulut anda mulai mengeluarkan bau tidak sedap, anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih , antiseptik atau bisa dengan air hangat yang sudah dicampurkan dengan garam.

6. Susu Putih Kental Manis
Siapa sih yang tidak tahu susu, selain rasanya yang enak, susu juga merupakan sumber kalsium. Ternyata selain tinggi kalsium susu juga ampuh dalam mengatasi bau mulut. Caranya yaitu,  dengan mencampurkan susu kental manis dicampur dengan satu gelas air hangat, kemudian diminum.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Itulah artikel seputar bau mulut yang meliputi penyebab dan cara menghilangkan bau mulut. Terima kasih semoga artikel  ini bisa bermanfaat. Baca juga 7 Manfaat Menakjubkan Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

0 comments:

Post a Comment