Friday, May 22, 2015

Penderita Diabetes Sebaiknya Menghindari Makanan Ini

Penderita diabetes dapat mengontrol pola hidup sehat, salah satunya dengan melakukan pola makan yang sehat. Hal tersebut dilakukan agar level gula darah tetap dikondisi normal dan mencegah komplikasi yang diakibatkan oleh diabetes, yang dapat berkembang ketika kadar gula darah tidak terkontrol.

Sangatlah penting  bagi penderita diabetes untuk mengetahui makanan apa saja yang harus dimakan dan makanan apa yang harus dihindari. Makanan yang banyak mengandung lemak dan gula lebih baik dihindari. 

Penderita Diabetes Sebaiknya Menghindari Makanan Ini

Bagi penderita diabetes harus memperhatikan asupan karbohidrat dan gula yang dikonsumsi, selain itu makanan yang mengandung kolesterol tinggi juga harus dihindari. Beberapa penelitian mengungkapkan ada beberapa sayuran dan buah yang berbahaya bagi  penderita diabetes. Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari:
  • Makanan yang kaya akan gula
  • Makanan yang mengandung kolesterol tinggi
  • Jus buah
  • Beberapa sayuran dan  buah
  • Minuman beralkohol
  • Goreng-gorengan

1. Makanan Yang Kaya Akan Gula
Makanan yang banyak mengandung gula adalah musuh terbesar bagi penderita diabetes. Jenis makanan yang mengandung kadar gula tinggi adalah gula pasir, donat, es krim, coklat dan pemanis buatan. Makanan tersebut dapat membuat kada gula darah meningkat.

Jika memang sulit untuk menghindari makanan yang mengandung gula, anda dapat menggantinya dengan beberapa makanan yang kadar gulanya sangat rendah atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai makanan yang ingin anda konsumsi

2. Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi
Kondisi diabetes menyebabkan kadar kolesterol baik dalam tubuh menurun, namun sebalikanya kolesterol jahat akan meningkat. Hal tersebut mengakibatkan penderita diabetes akan rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi, seperti penyakit jantung. Oleh karena itu beberpa jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging merah, kuning telur, udang, dan keju sebaiknya dihindari. 

Makanan Terlarang Bagi Penderita Diabetes

3. Jus Buah
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa meminum segelas jus buah setiap hari dapan meningkatkan resiko terkenan diabetes. Mengkonsumsi buah secara langsung mengandung lebih banyak serat sedangkan apabila disajikan dalam bentuk jus akan mengandung karbohidrat yang tinggi. Bagi penderita diabtese dianjutkan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi jus buah.

4. Beberapa Sayuran dan  Buah
Walaupun secara umum sayuran dan buah sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun tidak semua sayuran dan buah itu baik untuk penderita diabtes. Bagi penderita diabetes sebaiknya menghindari buah yang kadar glukosanya tinggi seperti stroberi dan mangga. Begitu juga dengan sayuran, hindari sayuran seperti labu dan kentang. Sebagai alternatif anda dapat menggantinya denga buah apel dan pir. Untuk sayuran anda dapat menggantinya denga kacang-kacangan dan wortel.

5. Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol akan menigkatkan kadar gula dalam darah, dan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dapat membahayakan penderita diabetes. Selain itu konsumsi alkohol dapat merusak fungsi liver.

6. Goreng - gorengan
Bagi penderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi makanan yang goreng-gorengan, hal ini dikarenakan dapat meningkatkan kadar koleseterol jahat, dan juga serat lemak yang tidak sehat. Jika anda ingin mengkonsumsi gorengan, anda bisa memilih minyak yang tidak begitu berbahaya, misalnya minyak olive. Jenis makanan yang dipanggang dan direbus sangat baik untuk penderita diabtes.

Selain daftar makanan diatas, beberapa makanan juga sebaiknya batasi jika anda mengalami penyakit diabetes, seperti kecap, dan produk olahan seperti pizza.

Itulah Informasi kesehatan kali ini tentang 6 Makanan Untuk Penderita Diabetes, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penderita Diabetes Sebaiknya Menghindari Makanan Ini

1 comments: