Saturday, May 30, 2015

Obat Tradisional Pilek Menahun

Penyakit pilek menahun atau yang dikenal dengan istilah sinusitis dalam dunia kedokteran. Sinusitis adalah penyakit kronis yang menyerang saluran pernafasan yang disebabkan oleh terkenanya bakteri. Namun penyakit ini dapat diatasi dengan obat tradisional pilek menahun. Dampak yang ditimbulkan dari penyakit ini bervariasi, dari yang ringan sampai yang paling berat. Penyakit ini sangatlah merugikan karena akan menurunkan kualitas hidup seseorang.

Obat Tradisional Pilek Menahun

Gejala Umum Penyakit Pilek Menahun

Menderita pilek yang sudah cukup lama, namun tidak kunjung sembuh. Biasanya penderita tidak menyadari kalau dirinya menderita penyakit pilek menahun (sinusitis). Jika penumpukan cairan di dalam rongga maka kepala akan menjadi sakit, terutama apabila dibuat menunduk. Sensitivitas pendengaran mulai berkurang dan badan terasa meriang, sementara ingus mengalir terus. Indera penciuman mulai melemah dan kehilangan nafsu makan. Apabila anda sudah mengalami gejala tersebut, anda dapat mengobati dengan cara obat tradisional pilek menahun.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gejala Pilek Menahun

Faktor Lingkungan
Lingkungan sangatlah berpengaruh dengan munculnya gejala dan penyakit pilek menahun. Lingkungan bisa berupa alergen indoor maupun alergen outdoor. Untuk alergen indoor bisa berupa jamur, binatang peliharaan dan debu. Sedangkan alergen outdoor bisa berupa pollen, spora jamur, dan bunga.

Faktor Keturunan
Apabila dari daftar riwayat keluarga ada yang pernah memiliki penyakit pilek menahun, maka kemungkinan besar anda akan menderita penyakit pilek menahun juga.

Kebugaran
Jika seseorang mempunyai tubuh yang sehat dan bugar maka tidak akan mudah terkena penyakit.

Daya Tahan Tubuh
Apabila seseorang mempunyai daya tahan tubuh yang bagus maka tidak akan mudah terserang penyakit.

Ramuan Obat Tradisional Pilek Menahun

Serai, jeruk nipis, jahe dan daun sirih

Ramuan obat tradisional pilek menahun yang pertama yaitu dengan menggunakan serai, jeruk nipis dan daun sirih. 
Bahan yang perlu disiapkan:
5 buah batang serai, 3 buah jeruk nipis yang masih segar, 7 buah lembar daun sirih dan 2 jahe.

Cara membuatnya:
Cuci jahe dan serai sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus, kupas kulit jeruk nipis lalu belah menjadi 4 bagian, rebus semua bahan-bahan tersebut dan tambahkan 6 gelas air. Minum ramuan tersebut setiap setelah selesai makan.

Madu, kencur dan jahe

Cara membuatnya:
Ambil kencur dan jahe sepanjang 1 centimeter, kemudian tumbuk sampai haljus. Setelah itu, rebus kencur dan jahe kedalam air, panaskan sampai mendidih. Apabila air rebusan sisa sedikit, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk dan 1 sdm madu yang alami kedalamnya. Setelah mendidih, angkat lalau saring airnya, kemudian tunggu sampai dingin. Minumkan ramuan tersebut pada anak saat pagi dan sore hari secara teratut Jika ingin rasa dari ramuan ini sedikit manis, anda dapat menambahkan beberapa sendok gula pasir.

Obat Herbal Pilek Menahun

Itulah Obat Tradisional Pilek Menahun yang dapat anda coba. Terima kasih semoga artikel kesehatan ini dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Obat Tradisional Pilek Menahun

0 comments:

Post a Comment