Friday, May 22, 2015

Penyebab dan Cara Mengobati Mata Ikan

Cara mengobati mata ikan adalah solusi bagi penyakit mata ikan atau klavus merupakan penyakit yang sering terjadi pada setiap orang, baik itu wanita maupun pria. Dalam istilah sehari-hari sering dikenal dengan kapalan. Biasanya penyakit ini muncul pada bagian telapak kaki, dan sela-sela jari tangan atau kaki.

Penyebab dan Cara Mengobati Mata Ikan

Awalnya jika terkena mata ikan, bagian kaki atau tangan yang terkena akan terasa lebih keras dan berwarna putih dibandingkan dengan bagian lainnya. Kulit yang terasa menebal dan keras biasanya akibat terlalu sering memakai alas kaki yang tidak sesuai. Ada pun ciri-ciri khusus saat terkena penyakit ini adalah lapisan tebal pada sel kulit yang mati dan berwarna putih agak kekuning-kuningan.

Penyebab Mata Ikan
Penyakit mata ikan disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan, seperti sepatu atau kaos kaki yang kurang bersih, lembab atau tidak pernah diganti, selain itu bisa juga disebabkan oleh tekanan atau gesekan yang terjadi secara terus-menerus.

Cara Mengobati Mata ikan
  1. Melakukan operasi, hanya saja penyakit ini akan tumbuh kembali jika faktor tekanannya tidak dihilangkan. Pada dasarnya menghilangkan mata ikan dengan melakukan operasi kecil merupakan cara yang cepat untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri. Biaya operasi mata ikan rata-rata 200.000, karena dengan melakukan operasi akan mengeluarkan inti dari mata ikan atau di eksisi total.
Namun, jika anda ingin menghilangkan atau mengangkat mata ikan tanpa melakukan operasi, dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:
  1. Cara mengobati mata ikan yang pertama ialah dengan mengoleskan Salep keratolik pada permukaan kulit yang terkena mata ikan.
  2. Memberikan obat-obat oles yang dapat menipiskan lapisan kulit yang keras dan tebal yaitu dengan menggunakan obat yang mengandung asam glikola/malat, urea ( kalau diapotek nama obatnya callusol).
  3. Rokok, dengan menggunakan rokok dipercaya dapat memutuskan akar-akar mata ikan.
  4. Dengan Menggunakan Sari Cuka Apel, caranya yaitu dengan merendam bagian yang terkena mata ikan dengan larutan cuka sari apel. Rendam kira-kira 20-25 menit. Setelah itu gosok-gosok menggunakan batu. Kemudian perban dengan kain kasa yang telah dibasahi dengan cuka apel.
  5. Pepaya, caranya dibuat jus dan sebagiannya dioleskan pada bagian yang terkena mata ikan.
  6. Bawang putih, Caranya yaitu dengan menggosokkan irisan bawang putih dengan bagian yang terkena mata ikan, lalu perban mata ikan menggunakan kain kasa yang sudah diberi lumuran bawang putih.
  7. Lemon, caranya dengan mengoleskan cairan lemon pada bagian yang terkena mata ikan 3 kali sehari, hal ini akan menyebabkan mata ikan menjadi lemak.
Tips Untuk Pencegahan:
Untuk mencegah timbulnya penyakit mata ikan, haruslah sering memperhatikan alas kaki yang sering dipakai dan ganti kaos kaki secar rutin. "ingat pencegahan lebih baik dari pada pengobatan".

Penyebab dan Cara Mengobati Mata Ikan

Itulah artikel kesehatan kali ini  tentang Penyebab dan Cara Mengobati Mata Ikan.  Terima kasih semoga artikel kesehatan ini dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab dan Cara Mengobati Mata Ikan

1 comments:

  1. Saya pernah saya menghilangkannya sendiri dengan cara kan di tengah nya sperti ada kulit yang terpisah pisah itu saya cabuti satu satu ya memang sakit sampe berdarah tqpi tidak banyak lama kelamaan mengering dan menjadi kulit kering lalu saya klupas kulit kering itu karena jail sih sbenernya tapi lama kelamaan jadi kulit beneran dan bersih dan sembuhlah saya

    ReplyDelete