Tuesday, June 9, 2015

Obat Tradisional Batuk Berdahak Untuk Anak Kecil

Batuk berdahak merupakan penyakit yang sering di alami oleh setiap orang terutama anak kecil. Karena anak kecil daya tahan nya lebih lemah dan rentan terkena penyakit. Biasanya penyakit ini terjadi saat peralihan cuaca. Penyakit ini sangat mengganggu penderitanya, terutama saat menyerang tenggorokan di malam hari, dimana anda sedang beristirahat. Untuk meredakan batuk, anda dapat mencoba obat tradisional batuk berdahak untuk anak kecil sebagai alternatif.

Obat Tradisional Batuk Berdahak Untuk Anak Kecil

Batuk sebenanya adalah cara tubuh untuk mempertahankan diri dan untuk mengeluarkan lendir agar tidak menyumbat saluran pernapasan. Lendir inii yang akan mengakibatkan timbulnya dahak pada saluran pernapasan. Apabila hal ini jika tidak segera diatasi akan sangat mengganggu aktivitas si anak. Ada banyak cara untuk mengobati batuk berdahak pada anak, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk digunakan sebagai obat tradisional batuk berdahak untuk anak kecil

Penyebab Terjadinya Penyakit Batuk Berdahak
Ada beberapa faktor penyebab terjadi penyakit batuk, beberapa faktor penyebab tersebut antara lain:
  • Cuaca yang dingin
  • Adanya infeksi pada saluran pernapasan
  • Adanya infeksi pada dada
  • Terkenanya virus atau bakteri di paru-paru
Gejala Penyakit Batuk Berdahak
Berikut ini beberapa tanda-tanda gejala penyakit batuk berdahak, sepert
  • Tubuh merasa meriang, dan demam yang tinggi
  • Hidung mulai tersebut
  • Sakit pada tenggorokan
  • Mulai bersin-bersin

Cara Mengobati Penyakit Batuk Berdahak

Buah Yang Mengandung Vitamin C
Jahe
Bawang Putih
Air Putih Hangat
Akar Licorice
Kunyit dan Kencur

1. Buah Yang Mengandung Vitamin C
Buah-buah yang mengandung vitamin c seperti anggur, pir, lemon, jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi batuk. Selain rasa buahnya yang segar, buah ini juga bisa menambah daya tahan tubuh. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi jus.

2. Jahe
Bahan rempah-rempah yang dapat dijadikan obat tradisional batuk yaitu jahe. Anda bisa mengkonsumsinya menjadi wedang jahe, dicampurkan kedalam teh hangat atau air putih hangat. Rasa pedas yang ditimbulkan dari jahe dapat melegakan tenggorokan anda. Sehingg dapat mengatasi batuk.

3. Bawang Putih
Bumbu dapur yang satu ini selain digunakan untuk penyedap makanan, ternyata bawang putih juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit batuk. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung zat alilin dan antioksidan  yang bisa menghancurkan molekul oksigen yang biasanya menyebabkan penyakit batuk.

4. Air Putih Hangat
Mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas setiap hari adalah anjuran yang disarankan agar tubuh tidak merasakan dehidrasi. Disaat batuk, minumlah air putih yang masih hangat, jika diminum secara teratur selama anda batuk akan sangat efektif untuk mengatasi batuk.

5. Akar Licore
Akar Licore adalah akar manis. Bentuknya seperti rerumputan dan sering dipakai untuk bahan obat-obatan di Cina. Tapi saat ini sudah banyak yang dijual dalam bentuk ekstrak bubuk maupun sirup. Karena rasanya yang sangat manis, 50 kali lipat manisnya gula, maka penggunaanya tidak boleh sembarangan dan berlebihan. Apabila berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan diabetes.

6. Kunyit dan Kencur
Kunyit dan Kencur merupakan bahan bumbu dapur yang berkhasiat mengatasi batuk. Apa bila anda merasa kerepotan untuk mencarinya anda dapat membelinya di penjual jamu keliling. Pada anak-anak kencur dan kunyit dapat di parut dan peras, lalu di ambil airnya kemudian di tambahkan sedikit madu.
Obat Herbal Batuk Berdahak Untuk Anak Kecil

Itulah artikel kesehatan kali ini tentang Obat Tradisional Batuk Berdahak Untuk Anak Kecil. Terimakasih semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para ibu yang kebingungan mencari obat tradisional batuk untuk anak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Obat Tradisional Batuk Berdahak Untuk Anak Kecil

1 comments: