Wednesday, June 3, 2015

Obat Tradisional Batuk Berdahak Pada Anak

Batuk merupakan penyakit yang sering dialami oleh setiap orang. Batuk dibagi dua jenis ada yang berdahak dan tidak berdahak. Batuk berdahak sangat mengganggu aktivitas dan perlu penanganan yang lebih serius. Cara mengobatinya selain menggunakan obat kimia, bisa juga dengan obat tradisional batuk berdahak pada anak.

Obat Tradisional Batuk Berdahak Pada Anak

Tak jarang juga orang yang menderita penyakit batuk sampai mengeluarkan darah saat batuk. Itulah mengapa kita tidak boleh menyepelekan penyakit batuk. Karena batuk sangat berkaitan dengan sistem pernapasan.

Obat Tradisional Batuk Berdahak

Dengan mengkonsumsi obat tradisional batuk pastinya lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat yang mengandung bahan kimia. Dan tidak menimbulkan efek samping, namun kita harus membuat sendiri obatnya. Sebelum mengetahui apa saja obat tradisional batuk berdahak untuk anak, berikut ini ada beberapa tips bagi penderita batuk berdahak.
  • Bagi penderita batuk berdahak sebaiknya menghindari tempat-tempat yang banyak mengandung debu, karena tempat yang mengandung debu dapat memicu timbulnya penyakt batuk
  • Menjaga kondisi badan agar selalu dalam keadaan hangat dengan menggunakan jaket
  • Di usahakan mandi menggunakan air hangat
  • Perbanyak untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 7-8 gelas setiap hari

Beberapa resep obat tradisional batuk berdahak antara lain:


1. Jahe
Bahan alami yang dapat digunakan untuk obat tradisional batuk adalah  jahe. Ketika mengalami  sakit batuk berdahak kita perlu menjaga tubuh agar selalu hangat, maka dari itu jahe adalah obat yang sangat cocok. Dengan meminum jahe yang dicampur kencur dapat mengatasi penyakit batuk bedahak . Minum jahe minimal satu hari sekali saat selesai makan
.

2. Jeruk Nipis
Jeruk nipis mempunyai segudang manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satunya penyakit batuk berdahak. Cara penggunaannya yaitu, campurkan jeruk nipis dengan 2 sdm kecap. Kemudian minum ramuan ini saat pagi hari dan sore hari. Resep ini sangat cocok untuk anak-anak.

3. Daun Sirih
Cara penggunaannya, siapkan daun sirih yang sudah direbus lalu campurkan dengan beberapa potongan jahe. Minum ramuan ini satu kali sehari agar tubuh tetap terasa hangat.

4. Kencur
Bahan rempah selanjutnya yang dapat digunakan untuk obat tradisional batuk yaitu kencur. Cara penggunaanya, kupas dan bersihkan kencur, kemudian di parut dan peras airnya. lalu tambahkan sedikit air dan garam. Setelah itu aduk hingga rata. Minum ramuan ini setelah sarapan dan sebelum tidur.

Selain bahan alami diatas, masih ada bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai obat tradisional batuk berdahak, yakni bunga mawar, belimbing wuluh dan daun asam. Belimbing wuluh yang telah dicampur dengan  gula, air , disaring lalu diminum. Begitu juga dengan bunga mawar. Direndam dengan air dan dicampur dengan gula batu secukupnya. Lalu diminum dua kali sehari saat pagi dan sore hari.

Obat Herbal Batuk Berdahak Pada Anak

Itulah informasi kesehatan kali ini tentang Obat Tradisional Batuk Berdahak Pada Anak.Terimakasih  mudah-mudahan artikel kesehatan ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang membutuhkan informasi ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Obat Tradisional Batuk Berdahak Pada Anak

0 comments:

Post a Comment